Selasa, 06 Desember 2011

Save Orang Utan

Deskripsi Orang Utan menurut copast dari wikipedia

  Istilah "orang utan" diambil dari bahasa melayu, yang berarti manusia (orang) hutan. Orang utan mencakup dua spesies, yaitu orang utan Sumatera (Pongo abelii) dan orang utan Kalimantan (borneo) (Pongo pygmaeus). Yang unik adalah orang utan memiliki kekerabatan dekat dengan manusia pada tingkat kingdom animalia, dimana orang utan memiliki tingkat kesamaan DNA sebesar 96.4%.
  Orang Utan dapat kita temukan di wilayah hutan hujan tropis Asia Tenggara, yaitu di pulau Borneo dan Sumatera di wilayah bagian negara Indonesia dan Malaysia. Mereka biasa tinggal di pepohonan lebat dan membuat sarangnya dari dedaunan. Kenyataannya Orangutan dapat hidup pada berbagai tipe hujan, mulai dari hutan dipterokarpus perbukitan dan dataran rendah, daerah aliran sungai, hutan rawa air tawar, rawa rambut, tanah kering di atas Rawa Bakau dan Nipah, sampai ke hutan pegunungan. Di Borneo, orangutan dapat ditemukan pada ketinggian 500 m di atas permukaan laut (dpl), sedangkan kerabatnya di Sumatra dilaporkan dapat mencapai hutan pegunungan pada 1.000 m dpl.
  Meskipun orangutan termasuk hewan omnivora, sebagian besar dari mereka hanya memakan tumbuhan. 90% dari makanannya berupa buah-buahan. Makanannya antara lain adalah kulit pohon, dedaunan, bunga, beberapa jenis serangga, dan sekitar 300 jenis buah-buahan. Selain itu mereka juga memakan nektar, madu dan jamur. Mereka juga gemar makan durian, walaupun aromanya tajam, tetapi mereka menyukainya. Orangutan bahkan tidak perlu meninggalkan pohon mereka jika ingin minum. Mereka biasanya meminum air yang telah terkumpul di lubang-lubang di antara cabang pohon.

Ancaman Orang Utan (masih copast dari wikipedia)
  
  Ancaman terbesar yang tengah dialami oleh orangutan adalah habitat yang semakin sempit karena kawasan hutan hujan yang menjadi tempat tinggalnya dijadikan sebagai lahan kelapa sawit, pertambangan dan pepohonan ditebang untuk diambil kayunya. Orangutan telah kehilangan 80% wilayah habitatnya dalam waktu kurang dari 20 tahun. Tak jarang mereka juga dilukai dan bahkan dibunuh oleh para petani dan pemilik lahan karena dianggap sebagai hama. Jika seekor orangutan betina ditemukan dengan anaknya, maka induknya akan dibunuh dan anaknya kemudian dijual dalam perdagangan hewan ilegal. Orang Utan memang sangat dekat dengan manusia maka dari itu Orang Utan sangat mudah di buru oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Menurut kompas sudah 20 Orang Utan yang di bunuh oleh tangan yang tidak bertanggung jawab itu. Dan yang lebih mengaggetkan lagi, Orang Utan sudah di bunuh sejak tahun 2008.


   Dua tersangka pembunuh orangutan di perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, mengaku membunuh monyet dan orang hutan sejak tahun 2008. Dalam kurun waktu itu, tersangka membunuh sekitar 20 monyet dan orangutan.
   Demikian disampaikan Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution, di Jakarta, Senin (21/11/2011). "Mereka mengaku membunuh 20 monyet dan orangutan sejak 2008," kata Saud.
Pembunuhan orangutan dan monyet dilakukan para tersangka, karena diperintahkan pihak perusahaan untuk membunuh hama kelapa sawit, yaitu monyet dan orangutan.
Monyet yang dibunuh kemudian dikubur di sekitar lokasi perkebunan. Monyet dan orang hutan yang dibunuh juga difoto, sebelum ditunjukkan kepada pihak perusahaan.
   Seperti diberitakan, penyidik Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara RI bersama aparat Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menangkap dua tersangka pembunuh orangutan di perkebunan kelapa sawit di Desa Puan Cepak, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
   Penyidik masih mengembangkan kasus dugaan pembunuhan mamalia itu. "Dari hasil penyelidikan Bareskrim, polres, dan polda, tanggal 19 kemarin kami sudah tangkap dua tersangka," kata Saud.
"Kedua tersangka itu adalah tersangka berinisial M alias G, karyawan di bagian pembasmian PT K dan tersangka M karyawan PT K juga," kata Saud.
   Kedua tersangka itu, lanjut Saud, diperintah oleh manajer kebun PT K, yaitu berinisial P dan berinisial A. "Masih kita kembangkan," katanya, ketika ditanya apakah pemberi perintah akan ditangkap juga.







   Nah kawan-kawan, kita harus menjaga dan melestarikan Orang Utan. tidak hanya Orang Utan, semua hewan primata dan hewan yang di lestarikan harus kita jaga. supaya mereka tidak punah. Kan sayang kalo anak cucu kita nanti gak bisa ngeliat ke indahan dan ke lucuan dari mereka.
  Bagi yang punya twitter, yuk kita sama-sama bikin Orang Utan jadi trending topic. Agar dunia tau, kalo Orang Utan itu hewan primata yang sangat lucu dan yang harus kita lindungi. dengan cara hastag #SaveOrangUtan.


   Untuk hasil foto Orang Utan silahkan cek disini: giling snap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar